Oracle memutuskan untuk mengganti Ask dengan Yahoo! pada update Java

oleh Jake Doevan - -

Selama beberapa tahun, Oracle telah dipersalahkan karena memasukkan Ask Toolbar ke dalam update penting Java. Dengan cara ini, search provider Ask mampu menaikkan jumlah pengguna dalam hitungan hari. Kalau Anda belum pernah mendengar istilah ‘bundling’, Anda sangat beruntung karena belum pernah berhadapan dengan teknik pemasaran yang bersifat menipu dan belum pernah tertipu untuk meng-install program yang tidak diinginkan di komputer Anda. Berbicara tentang Ask Toolbar, sudah beberapa tahun pembuatnya mendukung Oracle untuk otomatis memilih toolbar tersebut di setiap install baru Java maupun update pentingnya. Akibatnya, orang yang cenderung buru-buru saat install dengan selalu menekan tombol ‘Next’ akan meng-install juga Ask Toolbar dan search.tb.ask.com menjadi search provider default. Banyak orang yang menolak teknik ‘bundling’ dan meminta pelarangannya, apalagi untuk software sekelas dan sepopuler Java dari Oracle. Namun demikian, bukannya menghentikan penambahan program pihak-ketiga saat install dan update Java, Oracle malah mengganti Ask dengan Yahoo!

Kabar tersebut disampaikan pada hari Rabu di dalam pertemuan tahunan pemegang saham. CEO Marissa Mater menyampaikan strategi pemasaran baru, yang diharapkan akan mengangkat lagi search provider Yahoo! di pasaran. Sayangnya, tidak banyak detail yang disampaikan dan tidak jelas bagaimana cara Yahoo membayar Oracle untuk usahanya mendapatkan lebih banyak pengguna. Namun demikian, fakta dalah fakta – Oracle mulai mempromosikan search engine Yahoo! melalui installer dan update Java sejak bulan ini. Menurut para pakar, taktik tersebut tidak akan mampu menyaingi keberadaan para raksasa, termasuk Google dan Bing.

Para pakar keamanan telah berjuang untuk melarang ‘bundling’; namun begitu, hal tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai. Mereka memperingatkan orang-orang setiap hari bahwa ada ratusan program yang tidak diinginkan, adware, pembajak browser, dan ancaman cyber lainnya yang bersembunyi dibalik freeware, termasuk Java, Flash player, Media Player, dan installer dan update populer lainnya. Diketahui bahwa strategi marketing yang sama juga digunakan untuk menyebarkan Delta-homes.com [Delta-homes.com], Omiga Plus, [Omiga Plus], mystartsearch.com [mystartsearch.com], pembajak browser yang serupa. Meskipun para kritikus sudah menyuarakan dengan keras bahwa ‘bundling’ dan taktik promosi tersebut sebagai taktik “licik” dan “tercela”, sepertiya para pembuat search engine tetap berkeras melakukan apapun untuk mendapatkan pemasukan lebih. Perlu diingat bahwa dengan menggunakan search engine tersebut baik sengaja ataupun tidak, pembuatnya tetap mendapatkan penghasilan dari iklan, pelacakan pengguna, membuat pengguna mengunjungi situs sponsor, dan aktifitas serupa lainnya.

Oleh karena itu, kalau ingin komputer Anda tetap aman dan mencegah perubahan halaman awal dan search provider oleh Ask, Yahoo atau situs pencari tidak jelas yang lain, Anda harus berhati-hati saat meng-install software gratisan. Pastikan Anda memperhatikan setiap langkahnya dan menghilangkan tanda centang pada tulisan: “Set Yahoo as your homepage and search engine on Chrome and Internet Explorer, plus get Yahoo as your new tab page on Chrome.” Tentu saja, kalau Anda memang memilih untuk menggunakan Yahoo! ataupun Ask, silahkan saja. Namun begitu, setiap kali Anda melihat ada tawaran untuk memasang program lain oleh freeware, Anda harus melihatnya sebagai peringatan dan mematikan instalasinya. Itulah saran dari pakar keamanan yang ingin membantu menyelamatkan komputer Anda dari ancaman!

Jake Doevan
Jake Doevan - Hidup terlalu singkat jika Anda gunakan untuk virus
Sumber: https://www.2-spyware.com/post5156

Baca juga dalam bahasa lainnya


Data
Perangkat lunak
Bandingkan
Like kita di Facebook